Sabtu, 01 Februari 2014

KEBIASAAN YANG MENGUNTUNGKAN DI DESA KOLLON,TTS


Masyarakat kollon adalah masyarakat yang belum mengadopsi inovasi-inovasi baru yang sudah berlaku di masyarakat perkotaan. Segala sesuatu masih di lakukan secara tradisional. Kollon adalah salah satu desa di kecamatan mollo barat kabupaten timor tengah selatan atau 4 jam perjalanan dari kota soe.desa yang udaranya dingin,berkabut dan tanah yang subur ini mempunyai kebiaasaan yang menguntungkan masyarakatnya untuk jangka panjang.
Inilah kebiasaan yang sangat menguntungkan masyarakatnya.dimana kebiasaan itu adalah menyimpan hasil pertanian di dalam rumah bulat yang sekaligus di jadikan dapur keluarga misalnya jagung,kacang,labu,padi dan sebagainya. Jagung yang di keluarkan dari kulit luarnya lalu di ikat diatas rumah bulat bagian dalam agar ketia proses memasak asapnya dapat mengenai jagung-jagung tersebut atau dengan kata lain asap ini secara tidak langsung dapat mengurangi kadar air yang terdapat pada jagung sehingga bertahan lama. Jagung tersebut dapat bertahan hingga bertahun-tahun.
Dan apabila kekurangan bahan pangan maka jagung ini yang di ambil sebagai cadangan makanan yang menguntungkan masyarakat desa kollon untuk terhindar dari kelaparan. Semoga desa-desa lain dapat mencontohi desa kollon agar pada musim panen hasilnya berlimpah dan pada masa paceklik tersedia cadangan makanan yang bertahan hingga bertahun-tahun.

0 komentar:

Posting Komentar