Sabtu, 01 Februari 2014

KOLLON GUDANGNYA JERUK KEPROK SOE


Kollon adalah salah satu desa yang terletak di sebelah Barat Kecamatan Mollo Barat Kabupaten Timor Tengah Selatan .Masyarakatnya bermata pencaharian sebagai petani jeruk dan buruh tani. Setiap tahunnya Jeruk Keprok Soe di hasilkan dari desa ini. Banyak hal yang belum tersentuh teknologi di desa ini. Karena desa ini merupakan salah satu desa yang bisa di katakan terisolir karena menuju desa ini sangat susah harus melewati hutan dan jalan yang sudah rusak.
Ketika kami mahasiswa Universitas Nusa Cendana Prodi Ekonomi Pertanian berniat untuk mewanwancarai masayarakat desa kollon kami tidak menemui banyak hambatan karena kami selalu di bantu oleh ketua RT yang sopan dan ramah. Desa Kollon tidak hanya masyarakatnya yang ramah tetapi sekitar masyarakatnya sangat bersih tidak heran desa ini mendapat penghargaan kalpataru karena masyarakatnya yang hidup bersih.
Jeruk Keprok  yang di jual petani Kollon bersifat ijon di karnakan masyarakat tak ingin menjualnya sendiri ke pasar karena transportasi yang sangat mahal. Oleh karena itu masyarakat Kollon menjual sistem ijon per pohonnya.jeruk bisa di hargai dengan Rp. 1.000.000-1.500.000\pohonya.
Sangat miris jika melihat upah yang di terima petani jeruk Desa Kollon tetapi itulah kenyataannya. Semoga pemerintah setempat dapat memperbaiki jalan dan infrastruktur menuju desa Kollon dapat terisolir lagi mengingat begitu banyak hasil pertanian yang kualitasnya tidak kalah dari hasil pertanian dari daerah jawa misanya jeruk,wortel,sayur dan ubi jalar.

1 komentar:

  1. Shalom,

    Salam kenal saya Johan Bukit dari UD Kelompok Tani Aren Indonesia senang membaca blogspot Fitria Dida isinya menarik tentang Tuhan, hasil pertanian dan keindahan alam ayo terus Indonesia membutuhkan seperti Anda

    Kalau ada waktu mhn dibaca blog sy www.areairdivillaku.blogspot.com khusus utk desa yg kecil dan jauh namanya Buluh Awar di Kec Sibolangit Sumatra Utara.

    JBU jb

    BalasHapus